Minggu, 05 November 2017

NA'ku NA'mu

Hai guys.. Aku balik lagi nih 😉 kali ini aku mau ngeshare hal-hal yang berkaitan dengan dunia analis kesehatan. Eh kira-kira kalian tau nggak makna dari  Analis Kesehatan dan NA (yang tertera pada judul) itu apa?

Hayo? Coba tebak 😁


Jadi gini nih biar cepet yah,

Analis kesehatan adalah suatu profesi dibidang kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. 

Jika belum paham, Keep Calm Bro... ternyata profesi ini sangat dekat dengan kita. Mari kita lihat situasi dan kondisi ini!

Ketika dokter menyarankan kalian melakukan Check Lab atau pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui penyakit yang di derita, inilah peran seorang Analis Kesehatan untuk membantu dokter mendiagnosa suatu penyakit. Selain itu ketika melakukan Medical Check Up (MCU) atau ketika melakukan donor darah, ternyata darah yang kita donorkan tidak dapat langsung ditransfusikan kepada si penerima. Darah tersebut harus dilakukan serangkaian tes laboratorium oleh petugas analis kesehatan dan biasanya memakan proses panjang agar penerima mendapatkan darah yang layak dan bebas dari penyakit.

Nahh. Untuk NA, ini adalah singkatan dari nutrien agar.. Jadi NA merupakan sebuah media pertumbuhan bakteri yang biasanya digunakan oleh seorang analis kesehatan untuk mengetahui bakteri yang tumbuh dari suatu sampel. Untuk membuat media NA, memerlukan beberapa proses panjang. 

Di Akademi Analis Kesehatan Theresiana Semarang, kami sering melakukan pembuatan media pertumbuhan bakteri, salah satunya adalah pembuatan media NA. 
Berikut ini proses pembuatan media NA tersebut:
1. Menimbang serbuk NA
2. Melarutkan serbuk dengan Aquadest

3. Diaduk
4. Dimasukkan
 ke beacker glass 
5. Ditutup Kapas
6. Ditutup kertas
coklat & ditali


7. Dipanaskan di hotplate
8. Digoyang-goyangkan media
 9. Sterilisasi media di autoclave selama 10-15 menit suhu 121°C
 
Nah setelah ini media ditunggu agak dingin dan dituang di cawan petri, huummss
******* This is it.. Cawan petri siap di simpan/digunakan ******** 🤗🤗🤗🤗

Wokeh, sekian dariku kali ini ya guys.. 😉  terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin lebih tau lebih dalam tentang seluk beluk dan praktikum apa saja yang dilakukan di Akademi Analis Kesehatan Theresiana Semarang, kalian bisa tanya-tanya atau berkomentar disini ya guys 😊 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar